Perbandingan Persepsi Berbelanja secara Online Antara Generasi X Dan Y

Indrajit indrajit, Ika Prayanthi

Abstract


Saat ini perkembangan teknologi yang pesat telah merubah prilaku para pelanggan khususnya dalam cara berbelanja dimana pembelian barang ataupun jasa dapat dilakukan dengan mudah melalui internet. Walaupun terdapat kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi tersebut, masih terdapat sebagian segmen pelanggan yang masih enggan ataupun takut untuk menggunakannya.  Penelitian ini dibuat untuk mengetahui persepsi pelanggan dua kelompok generasi yakni generasi X dan generasi Y terkait kenyamanan dalam berbelanja secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji beda yakni independent sample t test yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok generasi X dan generasi Y jika ditinjau dari sisi kenyamanan berbelanja secara online. Terdapat 366 responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini mendapati bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara generasi X dan generasi Y ditinjau dari persepsi kenyamanan berbelanja secara online, kecuali untuk kategori terkait perhatian dari toko online dimana didapati generasi Y memiliki persepsi yang lebih baik dibandingkan dengan generasi X. 

Kata kunci Berbelanja secara online, Generasi X, Generasi Y


Full Text:

PDF

References


Muda, M., Mohd, R., & Hassan, S, 2016. Online Purchase Behavior of Generation Y in Malaysia. Procedia Economics & Finance, (37), pp. 292-298, 2016.

Budhi, G, S, 2016. Analisis Sistem E-commerce Pada Perusahaan Jual-Beli Online Lazada Indonesia. Jurnal Electronics, Informatics and Vocational Education, Volume. 1, Nomor 2, pp. 78-82, 2016.

“penduduk berumur 15 tahun ke atas menurut golongan umur dan jenis kegiatan” [online]. Available: https://www.bps.go.id/statictable/2016/04/04/1904/penduduk-berumur-15-tahun-ke-atas-menurut-golongan-umur-dan-jenis-kegiatan-selama-seminggu-yang-lalu-2008---2020.html [Accessed 11-Maret-2021].

Norusis, Marija., 2010. PASW Statistics 18 Guide to Data Analysis, Volume. 1 Ed. 1, Prentice Hall, New Jersey, ISBN 978-0321690586.

Lissitsa, S., & Kol, O., 2016. Generation X VS. Generation Y- A decade of online shopping. Journal of Retailing and Consumer Services, Volume. 31, pp. 304-312, 2016.

Dhanapala, S., Vashu, D., & Subramaniam, T., 2015. Perception on the Challenges of Online Purchasing: a study from “baby boomers”, Generation “X”, Generation “Y” point of view. Contaduria y Administracion, Volume. 1, Ed. 60, pp. 107-132. https://doi.org/10.1016/j.cya.2015.08.003

Schifman, K. & Wisenblit, J, L., (2015) Consumer Behavior 11th Edition, Pearson Education Limited, Edinburgh Gate, Harlow, England

Gurau, C., 2012. A life Stage Analysis of consumer Loyalty Profile: comparing Generation X and Millenial. Journal of Consumer Marketing, Volume. 29, Ed. 2, pp. 103-113. https://doi.org/10.1108/07363761211206357

Parment, Anders (2012). Generation Y VS. Baby Boomers: Shopping behavior, buyer involvement and implications for retailing. Journal of Retailing and Consumer Services, (20), 189-199.

Lee, G.G., & Lin, H.F., 2005. Customer perceptions of e‐service quality in online shopping, International Journal of Retail & Distribution Management, Volume. 33, ed. 2, pp. 161-176, https://doi.org/10.1108/09590550510581485

Shergill, G.S.., & Chen, Z. (2005) "Web-based shopping: consumers’ attitudes towards online shopping in New Zealand ", Journal of Electronic Commerce Research, Volume. 6, Ed. 2, pp. 79-94.

Nusarika, L, A, K., & Purnami, N, M (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar). e-Journal Manajemen UNUD, (4), 2380-2406.

“Generation X Shop More Online Than Baby Boomers and Millenials” [online]. Available: https://transaction.agency/ecommerce-statistics/generation-x-shop-more-online-than-baby-boomers-and-millennials/ [Accessed 11-Maret-2021].

] “Survei: 43 persen Gen X dan Boomers mulai belanja online saat pandemi” [online].

Available: https://www.antaranews.com/berita/1831300/survei-43-persen-gen-x-dan-boomers-mulai-belanja-online-saat-pandemi [Accessed 31-Maret-2021]

Markert, J., 2004. Demographic of Age: Generational and Cohort Confusion. Journal of current issues & Research in Advertising, Volume. 26, Ed. 2, pp. 11-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v7i1.286.52-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Phone: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.