Hubungan Media Pembelajaran Video Dengan Motivasi Belajar Siswa

Deisye Supit

Abstract


Hubungan Media Pembelajaran Video dengan Motivasi Belajar Siswa

 

Deisye Supit

Pendidikan Luar Sekolah Universitas Klabat

Email: deisyesupit@unklab.ac.id

 

 

Abstrak

Penelitian ini menggunakan angket yang diadaptasi dari Adrianus (2012) berdasarkan teori Djamarah (1995) berjumlah 16 butir, sedangkan teori motivasi belajar diadopsi dari Adrianus (2012) berdasarkan teori Sardiman (2008) berjumlah 26 butir pertanyaan. Dengan 2 variabel yaitu: media pembelajaran video sebagai variabel bebas dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Advent Tikala kepada 80 responden yaitu siswa kelas VA  dan VB. Penelitian ini menggunakan Convinience Sampling Method sebagai metode pengumpulan data.  Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan setelah di uji menggunakan program penghitungan statistik, maka didapatkan bahwa tingkat media pembelajaran video berada pada tingkat yang tinggi dengan mean score = 3,65, motivasi belajar siswa berada pada tingkat yang sangat tinggi yaitu mean score = 4,76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara media pembelajaran video dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti berkesimpulan bahwa tingkat media pembelajaran video mempunyai hubungan dengan motivasi belajar siswa karena media pembelajaran video dapat meningkatkan motivasi siswa.

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Motivasi belajar

 

 

 

 


 

The Relationship of Video Learning Media and Student Learning Motivation

 

Deisye Supit

Non Formal Education Universitas Klabat

Email: deisyesupit@unklab.ac.id

 

 

Abstract

This study uses a questionnaire adapted from Adrianus (2012) based on the theory of Djamarah (1995) consist of 16 items while the theory of learning motivation was adopted from Adrianus (2012) based on the theory of Sardiman (2008) consist of 26 questions. This study has two variables, which are, video learning media as the independent variable and student motivation as the dependent variable. This research was conducted in Tikala  Adventist Elementary School with 80 respondents which are the students from grade VA and VB. This research uses Convinience Sampling Method as a data collection method. Based on the data that has been collected and after being tested using a statistical calculation program, it is found that the level of video learning media is at a high level with a mean score = 3.65, student motivation to learn is at a very high level that is the mean score = 4.76 . The results showed that there was a significant relationship between video learning media and student learning motivation. Based on the results of this study, the researchers concluded that the level of video learning media has a relationship with student learning motivation because video learning media can increase student motivation.

 

Keywords: Learning Media, learning motivation

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adrianus, Y. (2012). Hubungan penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Studi kasus: Siswa kelas XI IPS SMAN 2 Sendawar Linggang Bigung, Kutai Barat. Skripsi. Diunduh dari https://repository.usd.ac.id/ 10675/

Bungin, B. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Prenada Media

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Hasanti, S. M. (2010). Hubungan antara motivasi belajar dan media pembelajaran dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri I Tawangsari Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010. Skripsi. Diunduh dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/17211/MzI2NjM=/Hubungan-antara-motivasi-belajar-dan-media-pembelajaran-dengan-prestasi-belajar-sosiologi-siswa-kelas-XI-SMA-Negeri-1-Tawangsari-Sukoharjo-tahun-pelajaran-20092010-abstrak.pdf

Hervani, O. & Lumbanraja, R. (2013). Teaching English reading and conversation using game. (S-1 skripsi) Universitas Klabat, Airmadidi, Indonesia

Hikmasari, M. (2016). Peran media audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas III SD Muhammadiyah Cepitsari Cangkringan. Skripsi. Diunduh dari http://digilib. uin-suka.ac.id/23491/1/12410241_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Khairunisa. (2015). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mengetik manual siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMK Negeri I Yogyakarta. Skripsi. Diunduh dari http://eprints.uny.ac.id/25230/1/Skripsi_Khairunisa_11402244039.pdf

Saragih, L. (2012). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran system injeksi bahan bakar diesel kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan SMK Piri 1 Yoogyakarta. Skripsi. Diunduh dari http://eprints. uny.ac.id/6668/1/ 05504241022.pdf

Setiawati, I. (2012). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa di MI Al-Bahri Kebon Nanas Jakarta. Skripsi. Diunduh dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24267/1/Imas%20Setiawati.pdf

Sudjana, N., & Ibrahim (2007). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Wulandari, R. (2014). Efektifitas media pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) terhadap keberhasilan siswa kelas IV di MI AL-ISLAM Kartasura. Skripsi. Diunduh dari http:// eprints.ums.ac.id/30836/12/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v6i1.209.73-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Phone: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.