Aplikasi Pemilihan Fakultas di Universitas Klabat Bagi Calon Mahasiswa Menggunakan Metode DSS Fuzzy

Reynoldus Andrias Sahulata, Fergie Joanda Kaunang, Devry Yehuda Lengkong Worotikan, Daniel Yonggi Cornelius Tuwaidan

Abstract


Memilih fakultas sebagai kelanjutan dari  para peserta didik di tingkat SMA  yang telah tamat, tidaklah semudah yang diharapkan hal ini disebabkan untuk mencocok minat yang sesuai dengan kemampuan akademik yang dimiliki dari setiap peserta didik. Berdasarkan hal tersebut maka, dirasa perlu untuk memberikan arahan secara pasti kepada peserta didik kelas XII tersebut untuk dapat memilih fakultas yang akan diambil. Untuk itu pada penelitian ini peneliti menyelesaikan masalah tersebut dengan melakukan analisis kemampuan dari peserta didik kelas XII tersebut untuk mendapatkan minat yang sesuai berdasarkan prestasi akademik selama 3 tahun (6 semester). Nilai yang diperoleh tersebut diolah dengan menggunakan analisis Decision Support System (DSS) yang diterapkan pada metode Fuzzy pada perhitungan Simple Additive Weight (SAW) untuk mengetahui secara kuantitatif kemampuan dari peserta didik tersebut, dengan menarik bobot kemampuan akademik yang dimiliki peserta didik tersebut untuk mendapatkan fakultas yang sesuai dengan karakteristik bidang ilmu yang menjadi kekuatannya. Dari sinilah sistem akan menyarankan minat kepada peserta didik tersebut untuk mendapatkan fakultas yang sesuai dengan kemampuan akademik yang dimilikinya. Untuk memastikan bahwa aplikasi peminatan yang diperoleh pada aplikasi dapat dibangun, maka digunakan rekayasa perangkat lunak menggunakan metode Spiral. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem keputusan yang dibangun dapat memberikan saran dalam memilih fakultas berdasarkan kemampuan akademis yang dimiliki calon mahasiswa  yang bersumber dari nilai akademik SMA semester 1 – 6 dengan menggunakan perhitungan SAW yang diimplementasikan kedalam website.

 

Keywords : Fuzzy, DSS, SAW, Metode Spiral, Aplikasi Penentu Program Studi

Full Text:

PDF

References


F. Semang, "Pentingnya Pendidikan Bagi Semua Orang," Kompasiana, [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/faica18/pentingnya-pendidikan-bagi-semua-orang. [Accessed 28 04 2018].

A.T. Rahmadani, dan M. Arif, "Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Siswa Memilih Jurusan Ips Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan.," Jurnal Geografi, vol. 9, no.1, pp. 1-10, 2017.

Admin, "Manfaat Sistem Pendukung Keputusan," [Online]. Available: http://www.sistemphp.com/manfaat-sistem-pendukung-keputusan/. [Accessed 29 04 2018].

J. D. Marek dan R. R. Flynn, Decision Support System, New York: Marcel Dekker, Inc, 2002.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA, Yogyakarta, Indonesia, Andi Ofset, 2009.

Bruegge, dan H. D. Allen, Object Oriented Software Engineering, USA: Pearson Education. Inc, 2004.

Bayuaji, "Unified Modelling Language (UML)", [Online], Available:http://bayuaji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/32096/UML.pdf.

M. Fowler, UML Distilled 3th ed, Abrief Guide to the Standard Object Modelling Language, Pearson Education, 2004.

J. Simarmata, Rekayasa Web, Yogyakarta, Indonesia, Andi Offset, 2014.

Sri Eniyati, "Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting)," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. 16, No.2, Juli 2011, pp. 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v4i1.109.131-147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.