Virtual Reality 360 Interaktif Wisata Digital Kota Tomohon dengan Tampilan Stereoscopic

Edson Yahuda Putra, Andria Wahyudi, Andre Tumilaar

Abstract


Kota Tomohon atau yang dikenal sebagai Kota Bunga adalah salah satu kota di Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki potensi wisata yang tinggi. Kota Tomohon memiliki daya Tarik wisatawan sehingga memberi pengaruh penting dalam perkembangan kota. Penyajian informasi yang menarik dan mudah sangat penting untuk wisata di Kota Tomohon. Penyajian informasi yang menarik dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan aplikasi smartphone yang dapat memberikan informasi dari objek wisata yang ada di Kota Tomohon dengan teknologi virtual reality. Untuk menampilkan objek wisata digunakan gambar panoramic 360° dengan sudut pandang luas (360 derajat). Teknologi ini memungkinkan pengguna dapat mengunjungi lokasi wisata secara virtual. Dalam penggunaan, penelitian ini memerlukan VR headset sebagai perangkat untuk visualisasi tampilan stereoscopic. Sistem dirancang menggunakan metode spiral sebagai proses model dan menggunakan Unity3D dalam pembangunan aplikasi. Antarmuka dapat di jalankan di operating system Android. Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman C#.

Keywords : Smartphone, Virtual Reality, Panoramic 360, wisata virtual, VR headset, Stereoscopic, Android.

Full Text:

PDF

References


“Kota Tomohon – Situs Resmi Pemerintah Kota Tomohon.” [Online]. Available: https://tomohon.go.id/. [Accessed: 06-Jun-2018].

C. Hooijdonk, W. Bosma, E. Krahmer, A. Maes, and M. Theune, Experiments in Multimodal Information Presentation. 2011.

P. E. Berger, J. P. Matsuura, A. Barrios, P. Hopkins, M. T. Wagner, and M. Weston, Analyzing The Benefits Of Utilizing 360 Panoramic Photo Survey Technology On A Shell Offshore Platform. 2014.

Y. P. Edson, A. Wahyudi, and C. Dumingan, “A Proposed Combination of Photogrammetry, Augmented Reality and Virtual Reality Headset for heritage visualisation,” in 2016 International Conference on Informatics and Computing (ICIC), Lombok, Indonesia, 2016, vol. 1, pp. 43–48.

A. Wahyudi, P. Adam, and G. Jesyriviano, “Virtual Reality of Historical Places in North Sulawesi,” CogITo Smart J., vol. 3, no. 1, pp. 32–41, Jul. 2017.

R. A. Sahulata, A. Wahyudi, B. G. Wuwungan, and M. A. Nayoan, “Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Kerangka Tubuh Manusia Berbasis Android,” CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, pp. 204–215, Dec. 2016.

A. Osman, N. Abdul Wahab, and M. H. Ismail, Development and Evaluation of an Interactive 360 Virtual Tour for Tourist Destinations, vol. 9. 2009.

X. Liu, Q. Xiao, V. Gopalakrishnan, B. Han, F. Qian, and M. Varvello, 360° Innovations for Panoramic Video Streaming. 2017.

R. S. Pressman, Rekayasa perangkat lunak : pendekatan praktisi. Yogyakarta : Andi, 2002.

“Unity - Game engine, tools and multiplatform,” 20-Jun-2017. [Online]. Available: https://unity3d.com/unity. [Accessed: 20-Jun-2017].




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v4i1.106.104-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.