ARCHITECTURE E-MALL USING RUP (RATIONAL UNIFED PROCESS) METHODS

Atin Triwahyuni, Novian Saputra

Abstract


Sistem Informasi dan teknologi saat ini telah berkembang dengan cepat dan memberikan dampak kedalam semua aspek kehidupan. Kebutuhan akan sistem informasi yang didukung dengan teknologi mulai dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat, salah satunya adalah kalangan masyarakat yang bergerak di dunia bisnis dan usaha, dengan memanfaatkan teknologi, setiap orang yang bergerak di dunia usaha dapat memperkenalkan produk mereka dengan menggunakan media internet, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pemasarannya, sedangkan pada media penjualan dagangan yang dijajakan masih secara konvensional, yaitu langsung bertatap muka dengan pelanggan untuk melihat maupun melakukan pembelian produk, dimana pelanggan terlebih dahulu menuju toko yang diinginkan, tapi dengan adanya sebuah website E-Mall ini, pelanggan bisa menemukan apa yang dicari tanpa harus mengunjungi toko tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RUP (Rational Unifed Process) yang menggunakan konsep object oriented, dengan aktifitas yang berfokus pada pengembangan model dengan menggunakan Unified Model Language (UML). Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah website yang dapat membantu dalam bisnis perdagangan pakaian online.

Full Text:

PDF

References


Rainer, R. K., & Cegielski, C. G. 2011. Introduction to Information Systems: Enabling and Transforming Business. John Wiley & Sons.

Waas, Wiro Santoso. 2014. Implementasi SOA Dalam Layanan E-Mall KUKM (Studi Kasus: Kementrian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah RI). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Handayaningsih, Sri. 2010. Model Sistem Informasi Pariwisata Multiuser Menggunakan Konsep E-Mall. Yogyakarta: Seminar Nasional Informatika 2010 (semnasIF 2010) UPN “Veteran” Yogyakarta.

Aliansyah, Lukman Hakim. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Penggunaan E-Mall Sebagai Tempat Perbelanjaan di Indonesia Menggunakan Pendekatan Technology Model (TAM). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Rudy, 2010. Perancangan Model Bisnis & Antar Muka Untuk Penjualan Online (Studi Kasus: Penjualan Perangkat Komputer). Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010).

Meyliana, 2012. Pengaruh Komunitas Virtual Dalam Keputusan Pembelian. Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012).

Suryana, Taryana. 2007. Metode RUP. Bandung: Makalah ilmiah STMIK LIKIM.

Rosa, A.S., 2011. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula.

Fatta, Al Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Jogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito

Flag Counter

View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
DOAJ    SINTA Logo Ristek DIKTI     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Google Scholar


CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Lisensi Creative Commons